Tips Memulai Bisnis Online Sukses Untuk Pemula

Tips Bisnis Online Sukses



Tips Bisnis Online Sukses - Selain tidak membutuhkan modal yang besar, bisnis online juga sangat efektif dan effisien di era digital seperti sekarang ini. 

Bisnis online ini selain kita tidak memerlukan lapak, kita juga tidak diharuskan bertatap muka dengan pembeli. Kita hanya membutuhkan jaringan internet dan juga HP/PC. 

Apalagi dengan maraknya pandemi Covid-19 ini, yang mengharuskan kita untuk social distancing atau jaga jarak. Jadi bagi anda yang ingin memulai bisnis online sangat pas waktunya, selain dengan semakin canggihnya tekhnologi, masa pandemi ini bisa sangat menguntungkan bagi pembisnis online. 

Sekarang orang-orang pun sangat memanfaatkan dari adanya kemajuan teknologi. Membeli sesuatu secara online sekarang tidak hanya dilakukan oleh generasi milenial, tetapi orang tuapun sudah sangan mengerti untuk berbelanja online. 

Tapi untuk berbisnis online ini, kita tidak bisa langsung untuk terjun kedalamnya. kita harus mengetahui seluk beluk dari bisnis online, agar kita juga tidak gagal dalam berbisnis online. bagi anda yang ingin berbisnis online, anda wajib membaca artikel yang satu ini. 

Pasalnya di bawah ini sangat akan memberikan tips bisnis online sukses. Yul di simak! 

Tips Bisnis Online Sukses 


1. Mentor Bisnis Online 


Mentor bisnis online ini sangat penting bagi anda yang ingin memulai bisnis online. Anda harus memiliki mentor terlebih dahulu, agar anda nantinya tidak akan salah memilih jalan atau gagal dalam bisnis online. 

Misalkan saja anda ingin belajar tetang ilmu agama, maka anda harus cari dulu gurunya. agar anda tidak akan salah jalan dan menyimpang. 

Anda bisa mendapatkan bisnis online ini secara gratis maupun berbayar dengan mengikuti kursus. tapi saran saya carilah mentor yang gratis yang artinya tidak berbayar. 

Banyak sekali mentor bisnis online ini, anda bisa mendapatkan ilmunya secara gratis di website atau channel youtube milik mentor bisnis online. Mereka akan sharing pengalamannya dalam berbinis online. 

2. Mindset Bisnis Yang Benar 


Berbisnis online berarti anda juga akan menjadi wirausahawan. Anda diharuskan untuk memiliki sifat-sifat yang dimiliki oleh wirausahawan. 

Jangan sampai kita berbisnis online bersusah payah namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya karena hanya kesibukan kita dalam berbisnis online. 
 
Untuk itu, mari kita benahi terlebih dahulu cara berpikir kita. 

3. Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online 

 

  • Modal 


Modal adalah hal sangat penting dalam memulai binis online, tanpa modal mungkin kita tidak bisa melakukan bisnis online. 

Modal utama dalam bisnis online adalah jaringan internet dan juga HP/PC. 

  • Produk Yang Akan Di Jual 


Kini anda tinggal menentukan produk apa yang akan anda jual, pastinya produk yang bisa untuk dijual secara online.  

Berikut saya berikan beberapa 3 jenis contoh produk yang biasa dijual secara online. 

  1. Produk Fisik - Handphone, Laptop, Fashion, Alat Kesehatan, Makanan dll. 
  2. Produk Digital - Ebook, Software, Voucher Game dll. 
  3. Bisnis Jasa - Booking hotel, Pemesanan Tiket, Design Grafis dll. 


Tentukan Target Pasar 


Setidaknya ada 2 kelompok target pasar berdasarkan dua faktor utama, yakni demografi dan psikografi. 

  1. Demografi - Umur, Lokasi, Gender, Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Status Kawin, Pekerjaan, Latar Belakang Etnis.  
  2. Psikografi - Ketertarikan, Hobi, Nilai-nilai yang dianut. 

Strategi Pemasaran 

Ibarat berjualan offline yang membutuhkan tempat atau lapak atau toko berbisnis online juga butuh toko. Seperti yang saya bicarakan di awal, teknologi ini semakin canggih dari tahun ke tahunnya. 

Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat website, karena sekarang ini sudah banyak platform e-commerce yang di mana anda bisa membuka toko online di platform tersebut. 

Selain membuka toko di platform e-commerce anda juga harus pintar-pintar untuk menggunakan media sosial. Anda dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mendpatkan pelanggan. 

Seperti yang anda ketahui banyak sekali orang yang mengendors produknya ke media sosial. itu juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup bagus bagi saya. 

  1. Platform E-Commerce : Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll. 
  2. Media Sosial : Instagram, Facebook, Twitter dll. 

Tetapi jika bisnis online anda sudah maju, maka sarannya saya adalah anda membuat website. Ya, karena menurut survey verisign sebanyak 56% orang tidak percaya dengan bisnis online yang tidak memiliki website. 

4. Kejujuran 


Bisnis online bisa gagal karena ketidak jujuran kita. Misalkan anda mengirim barang ke konsumen yang tidak sesuai dengan deskripsi barang yang anda jual. 

Jelas hal tersebut sangat merugikan dan mengancam keberhasilan anda sebagai pembisnis online Untuk itu jagalah kepercayaan konsumen atau pelanggan dengan jujur. 
 
Selain kejujuran kita juga harus bisa menjaga pelanggan lama. Ya pelanggan lama menurut saya tidak kalah penting dengan pelanggan yang baru anda dapatkan. 

Karena dengan pelanggan lama anda sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan lama. karena itu sangat penting untuk mempertahankan pelanggan lama. 


Penutup... 


Bagaimana? dengan tips yang sudah saya berika di atas, apakah anda sudah siap untuk memulai bisnis online. 

Semoga penjelasan di atas bisa dijadikan refrensi untuk belajar bisnis online sukses mulai dari nol. 

Artikel ini diharapkan bukan saja untuk bahan bacaan tapi juga bisa untuk membantu anda untuk berbisnis online. jika dirasa artikel tips bisnis online sukses mulai dari nol ini bermanfaat, 

Silahkan share ke teman, saudara, atau siapapun yang dan terutama bagi orang-orang yang baru saja atau ingin terjun ke dunia bisnis online. 

Terima Kasih.

0 Response to "Tips Memulai Bisnis Online Sukses Untuk Pemula"

Posting Komentar